Petunjuk Teknis
Memorizing Hadist Contest merupakan lomba yang diselenggarakan untuk mengembangkan kemampuan siswa di madrasah dalam menghafal sanad, matan, dan rawi Hadist. Lomba ini diselenggarakan dalam dua tingkatan, yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).
- Persyaratan Lomba
- Perlombaan Memorizing Hadits Contest (MHC) dilaksanakan dengan 2 (dua) tahap, yaitu tahap seleksi online, dan tahap seleksi offline.
- Tahap pertama perlombaan dilaksanaan secara online melalui platform zoom meeting, diikuti oleh seluruh peserta utusan setiap provinsi.
- Tahap kedua perlombaan dilaksanakan secara offline, diikuti oleh 10 (sepuluh) besar peserta terbaik berdasarkan hasil tahap pertama untuk menentukan Juara I, Juara II, Juara III.
- Maqra hadis yang ditentukan panitia
- Jumlah hadis yang dilombakan sebagai berikut:
Tingkat MI: 20 hadis
Tingkat MTs: 30 hadis
Tingkat MA: 50 hadis
- Persyaratan Peserta
- Peserta adalah siswa aktif madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA yang tercatat dalam NISN;
- Peserta merupakan utusan dari provinsi masing-masing dibuktikan dengan menunjukan dengan surat keterangan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi setempat untuk mengikuti lomba;
- Tiap provinsi mengirimkan 1 (satu) peserta setiap kategori lomba;
- Peserta mendaftar pada website: https://madrasah.kemenag.go.id/madrasahfest
- Peserta wajib mengikuti seluruh ketentuan yang berlaku sebelum dan pada saat pelaksanaan perlombaan.
- Waktu dan Tempat
Lomba Memorizing Hadits Contest (MHC) Madrasah Fest dilaksanakan pada:
Tahap 1 (Babak Penyisihan)
Waktu : 24-27 Juli 2023
Tempat : Online melalui platform zoom meeting
Tahap 2 (Babak Final)
Waktu : 10-13 Agustus 2023
Tempat : Provinsi Banten - Teknis Pelaksanaan Lomba
Tahap 1 (Babak Penyisihan)- Persiapan
- 1) Peserta telah mengikuti technical meeting sebelum pelaksanaan lomba
- 2) Peserta menyiapkan 2 (dua) perangkat yaitu laptop dan handphone yang sudah terpasang aplikasi zoom
- 3) Nama pada aplikasi Zoom harus sesuai dengan nama lengkap peserta
- 4) Peserta menyiapkan koneksi internet yang stabil dengan kuota internet minimal 10GB
- 5) Peserta menyiapkan ruangan yang tenang, nyaman, dan dengan pencahayaan yang cukup
- 6) Peserta mengikuti dan menaati instruksi (arahan) pengawas dalam proses verifikasi dan selama pelaksanaan lomba
- 7) Proses verifikasi data, ruang, dan kepengawasan dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom
- 8) Peserta mengikuti lomba secara mandiri dan tidak dibantu oleh orang lain
- 9) Selama mengikuti lomba, peserta menghadap ke layar monitor dengan menampakkan 100% wajah pada laptop
- 10) Peserta harus selalu berada di tempat duduk yang terpantau oleh kamera zoom pada HP.
- 11) Jarak peserta kurang lebih dua meter dari kamera Zoom di handphone
- 12) Posisi handphone berada di samping depan kanan atau kiri
- 13) Meja yang digunakan peserta harus dibersihkan dari barang-barang selain laptop
- 14) Peserta wajib mengikuti tata tertib yang ditetapkan oleh panitia selama proses lomba
- Pelaksanaan
- 1) Peserta telah hadir pada zoom meeting 30 menit sebelum pelaksanaan lomba sesuai jadwal yang tertera pada kartu peserta ;
- 2) Panitia memanggil peserta berdasarkan nomor urut;
- 3) Panitia mempersilahkan peserta memilih paket maqra soal (1-50);
- 4) Setiap paket maqra soal terdiri dari 5 soal
- Persiapan
- 1) Sepuluh peserta terbaik melakukan registrasi ulang melalui website https://madrasah.kemenag.go.id/madrasahfest
- 2) Peserta mencetak kartu peserta yang akan ditunjukan pada saat pelaksanaan lomba tahap 2 (babak final)
- 3) Peserta wajib mengikuti technical meeting sebelum pelaksanaan lomba
- Pelaksanaan
- 1) Peserta wajib hadir di tempat 30 menit sebelum lomba dimulai
- 2) Peserta menunjukan kartu peserta
- 3) Panitia memanggil peserta berdasarkan nomor urut yang tercantum pada kartu peserta
- 4) Panitia mempersilahkan peserta memilih paket maqra soal (1-25)
- 5) Setiap paket maqra soal terdiri dari 5 soal.
- Persiapan
Norma Penilaian cabang Musabaqah Hadis Nabi adalah ketentuan penilaian saat penampilan peserta.
- Bidang dan Materi
Golongan Hafalan Hadis, bidang dan materi yang dinilai terdiri atas:- Bidang Tahfizh, meliputi:
- a) Mura'at al-Isnad aw al-Mutun:
- Tawaqquf
- Tark al-Isnad aw al-Mutun
- b) Sabq al-Lisan:
- Tark al-Huruf aw al-Kalimah
- Ziyadat al-Huruf aw al-Kalimah
- Tabdil al-Huruf aw al-Kalimah
- Tabdil al-Harakat
- c) Tardid al-Kalimah
- d) Tamam al-Qira'ah
- a) Mura'at al-Isnad aw al-Mutun:
- Bidang Tajwid, meliputi:
- Makharij al-Huruf
- Shifat al-Huruf
- Ahkam al-Huruf
- Ahkam al-Mad wa al-Qashr
- Tamam al-Qira'ah.
- Bidang Fashahah, meliputi:
- Ahkam al-Waqf wa al-Ibtida'
- Suara dan Irama
- Tamam al-Qira'ah.
- Bidang Tahfizh, meliputi:
- Ketentuan Penilaian
- Bidang Tahfizh
- Mura'at al- Isnad aw al-Mutun
- Tawagquf adalah penilaian apabila peserta berhenti membaca/diam selama 10 detik atau mengulang-ulang bacaan lebih dari 2 (dua) kali, dan tidak bisa melanjutkan bacaan lalu dibimbing
- Tark al- Isnad aw al-Mutun adalah penilaian apabila peserta membaca sepotong sanad atau matan dan melompat pada potongan sanad atau mattan hadis yang lain
- Sabq al-Lisan
- Tark al-Huruf aw al-kalimah adalah penilaian apabila peserta meninggalkan satu atau beberapa huruf atau satu kalimah (kata)
- Ziyadah al-Huruf aw al-Kalimah adalah penilaian apabila peserta menambah satu atau beberapa huruf atau satu kalimah
- Tabdil al-Huruf aw al-Kalimah adalah penilaian apabila peserta mengubah atau mengganti huruf atau kalimah
- Tabdil al-Harakat adalah penilaian apabila peserta mengubah harakat suatu huruf atau kalimah
- Tardid al-Kalimah adalah penilaian apabila peserta mengulang ulang bacaan kalimah/kata dan tetap bisa melanjutkan bacaannya
- Tamam al-Qira'ah adalah pengurangan nilai apabila peserta membaca tidak sampai selesai atau tidak bisa membaca sama sekali setiap pertanyaan yang diberikan
- Mura'at al- Isnad aw al-Mutun
- Bidang Tajwid
- Makharij al-Huruf adalah penilaian tentang ketepatan membunyikan huruf sesuai dengan makhrajnya, seperti; Aqsha al-Hala, Wasth al Halq, Adna al-Halq, dan sebagainya
- Ahkam al-Mad wa al-Qashr adalah penilaian tentang ketepatan membaca panjang pendek huruf mad sesuai dengan hukumnya, seperti : Mad Thabi'i, Mad Wajib Muttashil, Mad Jaiz Munfashil, Mad Aridh Lis Sukun termasuk konsistensi wajah bacaan yang dipilih, seperti; membaca Mad Aridh Lis Sukun dengan 4 harakat, maka Mad Aridh Lis sukun sesudahnya harus konsisten dibaca 4 harakat. Demikia seterusnya
- Tamam al-Qira'ah adalah pengurangan nilai apabila peserta membaca tidak sampai selesai atau tidak bisa membaca sama sekali setiap pertanyaan yang diberikan.
- Bidang Fashahah
- Ahkam al-Waqf wa al-Ibtida' adalah penilaian tentang ketepatan waqaf dan ibtida' sesuai dengan tata cara dan hukumnya, seperti; Tam, Kafi, Hasan dan Qabih
- Suara dan Irama adalah penilaian tentang keindahan suara, keserasian irama, kestabilan tempo bacaan, pengaturan nafas dan suara yang tidak terlalu tinggi
- Husn al-'Ada adalah penilaian tentang tata cara membawakan bacaan kalimat-kalimat hadis dengan suara dan intonasi yang mengungkapkan makna atau mendekati makna tersebut, seperti bentuk petanyaan, penafian, perintah, larangan dan sejenisnya. Termasuk dalam penilaian bidang ini adalah Etika dan Tata cara dalam pembacaan sanad dan mattan hadis, yaitu menyebut "Salallahu 'alaihi Wassalam" ketika menyebut nama Nabi Muhammad SAW, (Rodiallahu anhu) ketika menyebut nama sahabat, dan lain-lain.
- Tamam al-Qira'ah adalah pengurangan nilai apabila peserta membaca tidak sampai selesai atau tidak bisa membaca sama sekali setiap pertanyaan yang diberikan.
- Bidang Tahfizh
- Cara Penilaian
- Bidang Tahfizh
- Perhitungan dimulai dari angka maksimal 50 kemudian dikurangi berdasarkan jumlah kesalahan
- Kesalahan dalam Mura'at al-Isnad aw al-Mutun:
- Tawaqquf: dikurangi 2 (dua) point apabila diam selama 10 detik kemudian dibimbing.
- Tark al- Isnad aw al-Mutun: dikurangi 2 (dua) point apabila peserta tidak bisa melanjutkan bacaan setelah diperingatkan dua kali kemudian dibimbing. Apabila bisa melanjutkan bacaan tanpa dibimbing, dikurangi 1/2 (setengah) untuk setiap peringatan.
- Kesalahan Sabq al-Lisan (Tark al-Huruf, Ziyadat al-Huruf aw al- Kalimat, Tabdil al Huruf aw al Kalimat, Tabdil al Harakat) dikurangi ½ (sètengah) untuk setiap peringatan. Apabila peserta sudah diperingatkan 2 (dua) kali dan tidak bisa melanjutkan bacaan kemudian dibimbing, maka dikurangi 2 (dua) point.
- Kesalahan Tardid al-Kalimat dikurangi ½ (setengah) untuk setiap pengulangan. Apabila peserta sudah mengulang 2 (dua) kali dan tidak bisa melanjutkan bacaan kemudian dibimbing, maka dikurangi 2 (dua) point.
- Apabila peserta salah hafalan tetapi hakim penanya tidak memberi peringatan, maka nilai bidang tahfizh dikurangi 1/2 (setengah) point.
- Penilaian dalam Tamam al-Qira'ah, maksimal dikurangi 10 (sembilan) untuk setiap pertanyaan. Apabila mampu menjawab tetapi tidak sampai selesai/batas akhir jawaban, maka dikurangi sebanding dengan kekurangannya
- Hasil nilai akhir adalah angka maksimal dikurangi berdasarkan jumlah kesalahan.
- Bidang Tajwid
- Perhitungan dimulai dari angka maksimal 25 kemudian dikurangi dengan jumlah kesalahan dan minimal diberi nilai 5.
- Setiap kesalahan dalam bidang Tajwid dikurangi 1/2 (setengah) point.
- Penilaian dalam Tamam al-Qira'ah maksimal dikurangi 10 (empat) point untuk setiap pertanyaan, apabila peserta tidak bisa menjawab. Apabila mampu menjawab tidak sampai selesai/batas akhir jawaban dikurangi sebanding dengan kekurangannya itu.
- Hasil penilaian akhir adalah angka maksimal dikurangi dengan jumlah kesalahan
- Bidang Fashahah
- Perhitungan nilai dimulai dari angka maksimal 25 dikurangi dengan jumlah nilai kesalahan dan minimal diberi nilai 5.
- Setiap kesalahan dalam bidang Fashahah dikurangi nilai 1/2 (setengah) point.
- Penilaian dalam bidang Suara dan Irama maksimal dikurangi 2 (dua) point dari seluruh pertanyaan.
- Penilaian dalam Tamam al-Qira'ah maksimal dikurangi 4 (empat) point untuk setiap pertanyaan apabila peserta sama sekali tidak bisa menjawab. Apabila peserta mampu menjawab tetapi tidak sampai selesai/batas akhir jawaban, maka nilai dikurangi sebanding dengan kekurangan jawaban tersebut.
- Hasil penilaian akhir adalah angka maksimal dikurangi jumlah kesalahan.
- Bidang Tahfizh
- Bidang Tahfidz
No
JENIS YANG DINILAI
PENGURANGAN
NILAI
JUMLAH PENGURANGAN
CATATAN
1
2
3
4
5
1
Tawaqquf
... x 1 = .....
2
Tark al-huruf aw al-kalimat
... x ½ = ....
3
Ziyadat al-huruf aw al-kalimat
... x ½ = ....
4
Tabdil al-huruf, al-kalimat aw al-harakat
... x ½ = ....
5
Tardid al-Kalimat
... x ½ = ....
6
Tamam al-Qira’ah
Maximal 9 poin
NILAI MAKS. 50
NILAI AKHIR
50- ......... =
- Bidang Tajwid
No
JENIS YANG DINILAI
PENGURANGAN
NILAI
JUMLAH PENGURANGAN
CATATAN
1
2
3
4
5
1
Makharij al-Huruf
... x 1 = .....
2
Ahkam Mad wa al-Qashr
... x ½ = ....
6
Tamam al-Qira’ah
Maximal 4 poin
NILAI MAKS. 25
NILAI AKHIR
25- ......... =
Tiara Sabilla (085881362487)