(021) 3811654 (021) 385911

Berita

Pemuda dan Kebangsaan Tema Dominan Pidato Bahasa Arab

  • Madrasah
  • /
  • Rabu, 9 Agustus 2017 - 00:00 WIB
  • dilihat 1370

Yogyakarta—(Dit. KSKK Madrasah) Lomba Pidato Bahasa Arab merupakan salah satu cabang Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga (AKSIOMA) 2017. Lomba Pidato Bahasa Arab MTs digelar hari ini Rabu, 9 Agustus 2017 di Gedung Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga. Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran khas di madrasah. Bahasa Arab menjadi piranti penting untuk mengkaji sumber ajaran Islam.

Lomba pidato bahasa Arab bertujuan memotivasi siswa-siswi madrasah untuk menguasai bahasa Arab dalam mengkaji Islam. Uniknya, dalam lomba pidato bahasa Arab ini, kebanyakan tema yang diangkat oleh peserta adalah tema kebangsaan.

Misalnya Auzan Mursyidan, kelas 9 MTs al-Falah Putra, Banjarmasin Kalimantan Selatan, yang membawakan tema Ummiyatu as-Sbaab Indonesia li Nahdlati al-Wathan (Mimpi pemuda Indonesia untuk Kebangkitan Bangsa).

Begitu juga dengan Maulana Hasan Rizqi, siswa MTs Miftahul Ulum, Dampit Malang, dengan tema Bina’u Dafi’iyyati as-Sabab li muwajihati tahdiyaati azmati aulamah (membangun motivasi pemuda untuk menghadapi tantangan global).

Kedua tema ini tentu menjadi penting karena para peserta lomba adalah generai-generasi muda yang akan memimpin negara dan bangsa ini. Dalam lomba ini ada empat juri, salah satunya didatangkan dari Sudan.[hamam]