(021) 3811654 (021) 385911

Berita

Siswa-Siswi MAN IC Bengkulu Tengah Raih Juara II Pada Economic Smart Challenge

  • Madrasah
  • /
  • Selasa, 27 November 2018 - 10:29 WIB
  • dilihat 379

Cikarang—(Kemenag) Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Bengkulu Tengah raih Juara II Economis Smart Challenge tingkat nasional. Even ini yang diselenggarakan oleh President University, salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Pelaksanaan kejuaraan ini bertempat di  President University, Cikarang, Jawa Barat pada Sabtu, 17 Nopember 2018. Kompetisi ini mengangkat tema ECS (Economic Smart Challenge) sebuah kompetisi ekonomi antarsiswa SMA/se-Derajat di seluruh Indonesia.

Siswa-siswi  MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah yang berhasil menyabet juara II ialah Mutiara Dhane, Revvoh Yunadi Alberts (kelas XI ) dan Dandi Padir Muarif (kelas X). Mereka merupakan anggota dari sains club di bidang ekonomi dan salah satunya pernah mengikuti ajang OSN Nasional tahun 2018 di Sumatra Barat beberapa waktu lalu.

Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh 70 grup dari seluruh Indonesia. Tahapan seleksi dilaksanakan pada 10-12 Oktober 2018  melalui tes online berbahasa Inggris. Proses seleksi terbilang cukup ketat, dari 70 grup hanya 5 grup saja yang berhasil lolos ke babak final. Babak grand final dilaksanakan selama 2 hari yakni  tanggal 16 dan 17 November 2018. Para peserta beradu wawaasan ekonomi dan ilmu manajemen dengan cara mempresentasikan makalah dalam bahasa Inggris tentang ekonomi global, debat dalam bahasa Inggris menyangkut  ekonomi global serta tes terlulis.

Malam pengaharagaan dilaksanakan di Aula Hotel Ibis Style Cikarang .  Tesu-O, nama grup dari MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah berhasil mengalahkan 70 grup se-Indonesia dan menyabet juara II tingkat nasional. Hadiah yang diperoleh tim Tesu-O ialah  piagam, sertifikat, uang pembinaan senilai 2 juta rupiah, serta hadiah tambahan dari Tupperware. Selain itu, mereka  juga mendapat hadiah berupa beasiswa 75% senilai Rp 240.000.000.

Siswa-siswi MAN Insan Cendikia Bengkulu Tengah mengaku terkesan mendapat pengalaman memenangkan kompetisi ekonomi tingkat nasional. Persiapan menjalang perlombaan hanya dilakukan kurang lebih satu bulan, namun mereka berhasil mendapatkan juara. “Kompetisi ini sangat berkesan sekali karena kita mampu menyingkirkan pesaing 70 peserta se-Indonesia, dan menjadi pengalaman yang berharga bagi kami,” ujar Mutiara Dhane.

MAN Insan Cendikia BengkuluTengah sebelumnya juga memenangkan kejuaraan dalam berbagai kompetisi, yakni dua piala perunggu dalam ajang KSM Nasional dan medali perunggu MYRES Nasional.

“Bangga luar biasa atas prestasi anak-anak kami ini. Meskipun kami (MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah) baru berdiri selama 2 tahun namun prestasi anak-anak kami sangat luar biasa. Mereka tak hanya berhasil meraih juara-juara di tingkat provinsi semata. Juara-juara tingkat nasional pun bertubi-tubi kami peroleh. Kami telah mengantongi piala juara III nasional Olimpiade Bahasa Indonesia, medali perunggu tingkat nasional bidang Kimia, medali perunggu tingkat nasional bidang Ekonomi, medali perunggu tingkat nasional LKTI, juara 1 nasional lomba musikalisasi puisi, dan sebagainya serta mengikuti kegiatan-kegiatan pelajar internasional. Mereka berhasil membuktikan bahwa madrasah yang baru berdiri selama 2 tahun ini tak kalah saing dengan sekolah atau madrasah lain yang lebih senior.”, ujar Kepala MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah, Bapak Imam Ghozali, M.Pd. [Sri]