• EDM DAN ERKAM
    Apa itu EDM dan eRKAM ?
    Evaluasi Diri Madrasah(EDM) adalah sebuah program dari Kementerian Agama RI
    untuk mengetahui sejauh mana kelemahan dan kelebihan
    daripada Madrasah yang mana hasil daripada EDM ini akan
    diintegrasikan untuk penyusunan eRKAM agar lebih tepat sasaran
RUMUS PERHITUNGAN EVALUASI DIRI MADRASAH
  1. Penghitungan Skor Kinerja Pencapaian Mutu (SKPM)

Setelah semua indikator di kelima aspek dalam EDM telah diisi oleh TPM, selanjutnya dilakukan penilaian SKPM madrasah. SKPM dihitung berdasarkan level pencapaian setiap indikator dan bobot masing-masing indikator.

  1. Pembobotan Indikator

Setiap indikator diberikan bobot yang berbeda sebagaimana dalam Tabel 2. Bobot diberikan berdasarkan tingkat kepentingannya dalam menggambarkan kinerja mutu madrasah.

 

 

 

 Tabel 2. Bobot setiap indikator di setiap aspek

A. Kedisiplinan

Indikator

Bobot

 

C. Proses Pembelajaran

Indikator

Bobot

A1

4

 

C1

3

A2

4

 

C2

3

A3

3

 

C3

3

A4

3

 

C4

3

A5

2

 

C5

4

A6

2

 

C6

3

A7

3

 

C7

4

Total

21

 

Total

23

 

 

 

       

B. Pengembangan Diri

Indikator

Bobot

 

D. Sarpras

Indikator

Bobot

B1

2

 

D1

3

B2

4

 

D2

3

B3

3

 

D3

3

B4

2

 

D4

4

B5

2

 

D5

4

B6

2

 

Total

17

Total

15

       
       

E. Pembiayaan

Indikator

Bobot

       

E1

4

       

E2

3

       

E3

2

       

E4

2

       

Total

11

 

Catatan: Pertanyaan B5 tidak diberlakukan untuk MI

  1. Menghitung Skor Tertimbang Maksimum (STM) Setiap Aspek

Skor Tertimbang Maksimum untuk masing-masing aspek diperoleh dengan rumus:

STM Aspek-i = (Skor Butir Maksimun)x(Jumlah Bobot Indikator Aspek-i)

 

Tabel 3 adalah jumlah skor tertimbang maksimum untuk kelima aspek.

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 3. Skor Tertimbang Maksimum (STM) Setiap Aspek

 

No

Aspek

Skor Maksimum Indikator

Jumlah Bobot Indikator

Skor Tertimbang Maksimum

MI

MTs/MA

MI

MTs/

MA

A

Kedisiplinan

4

21

21

84

84

B

Pengembangan Diri

4

13

15

52

60

C

Proses Pembelajaran

4

23

23

92

92

D

Sarpras

4

17

17

68

68

E

Pembiayaan

4

11

11

44

44

 

 

  1. Menghitung Skor Penilaian Tertimbang (SPT)

Setelah skor setiap indikator dalam EDM terisi, kemudian dihitung SPT setiap aspek. Sebagai contoh hasil pengisian EDM seperti pada Tabel 4 kolom 3, maka SPT setiap indikator (kolom 5) diperoleh dari rumus:

 

SPT Indikator ke-j = (Skor Penilaian-j) x (Bobot indikator-j)

 

Setelah dihitung SPT setiap indikator, selanjutnya dihitung total skor penilaian  tertimbang setiap aspek yang merupakan jumlah dari SPT seluruh indikator di setiap aspek.

 

Total SPT Aspek-i =

 

 

Tabel 4 adalah contoh hasil penilaian TPM terhadap setiap indikator.

Tabel 4. Contoh Hasil Perhitungan SPT Berdasarkan Hasil EDM (MTs/MA)

 

A. Kedisiplinan

Indikator

Hasil Penilaian TIM

Bobot

Skor Tertimbang Perolehan

A1

3

4

12

A2

4

4

16

A3

3

3

9

A4

2

3

6

A5

4

2

8

A6

3

2

6

A7

3

3

9

Total

 

21

66

B. Pengembangan Diri

B1

4

2

8

B2

3

4

12

B3

3

3

9

B4

4

2

8

B5

4

2

8

B6

2

2

4

Total

 

15

49

C. Proses Pembelajaran

C1

3

3

9

C2

4

3

12

C3

4

3

12

C4

4

3

12

C5

4

4

16

C6

3

3

9

C7

2

4

8

Total

 

23

78

D. Sarpras

D1

3

3

9

D2

4

3

12

D3

3

3

9

D4

3

4

12

D5

4

4

16

Total

 

17

58

E. Pembiayaan

E1

3

4

12

E2

3

3

9

E3

3

2

6

E4

4

2

8

Total

 

11

35

 

Dari contoh pada Tabel 4, maka total SPT setiap aspek diperoleh sebagai berikut:

  • Total SPT Aspek Kedisiplinan=66
  • Total SPT Aspek Pengembangan Diri=49
  • Total SPT Aspek Proses Pembelajaran=78
  • Total SPT Aspek Sarpras=58
  • Total SPT Aspek Pembiayaan=35
    1. Menghitung Skor Kinerja Pencapaian Mutu (SKPM)

Setelah total SPT setiap aspek dihitung, selanjutnya dilakukan perhitungan terhadap SKPM setiap aspek seperti rumus berikut:  

 

SKPM Aspek-i=  x 10

 

Hasil perhitungan SKPM setiap aspek diperoleh:

  • Skor Kedisiplinan=  x 10 = 7,86
  • Skor Pengembangan Diri=  x 10 = 8,17
  • Skor Proses Pembelajaran=  x 10 = 8,42
  • Skor Sarpras=  x 10 = 8,53
  • Skor Pembiayaan=  x 10 = 7,95

 

Selanjutnya SKPM dihitung dari rata-rata skor dari ke-5 aspek dengan rumus:

 

SKPM= =  =8,20

 

 

 

Tabel 5. Contoh hasil perhitungan SKPM (MTs/MA)

 

Aspek

Skor Tertimbang Maksimum

Skor Tertimbang Perolehan

 Nilai Kinerja 

Kedisiplinan

84

66

7,86

Pengembangan Diri

60

49

8,17

Proses Pembelajaran

92

78

8,48

Sarpras

68

58

8,53

Pembiayaan

44

35

7,95

 

  1. Pengkategorian Kinerja

Skor aspek maupun SKPM berkisar antara 0 s/d 10 yang mencirikan tingkat pencapaian kinerja mutu madrasah. Kinerja pencapaian mutu dikategorikan sebagai berikut:

  • Kurang apabila Skor ≤4,
  • Cukup apabila berkisar skor antara 4<Skor≤6,
  • Baik apabila skor antara 6<Skor≤8
  • Sangat Baik  apabila Skor >8

 

Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa madrasah tersebut memiliki kinerja mutu pendidikan dengan kategori Sangat Baik karena memiliki Skor=8,2. Meskipun demikian, dari kelima aspek tersebut, yang masih perlu diperbaiki adalah Aspek Kedisiplinan dan Aspek Perencanaan Pembiayaan.