Sekjen Kemenag Kagumi Discovery Robot Siswa-siswi Madrasah

Berita   04/12/2017   by Madrasah   41 dilihat

Serpong (Kemenag) --- Sekjen Kemenag Nur Syam mengaku kagum dengan kreativitas siswa madrasah di bidang robotik. Kekaguman ini disampaikan Nur Syam saat  mengunjungi arena Kompetisi Robotik Madrasah 2017  pada ajang International Islamic Education Expo (IIEE) yang berlangsung di ICE BSD City,  Tangerang.

Salah satu kategori kompetisi ini adalah Discovery Robot untuk semua jenjang, MI, MTs dan MA. Kategori ini menuntut kreativas siswa madrasah untuk membuat alat-alat yang memiliki unsur robotika untuk memudahkan manusia.

Didampingi Kasubbag TU Direktorat KSKK Madrasah, Papay Supriatna, Nur Syam mengaku kagum dengan Ayu Romantis (Ayunan Romantis). Ayu Romantis adalah Discovery Robot karya dua siswa MI al-Mu’minien Kendari, Afriansah S dan Muhammad Saktiawan.

“Ayu Romantis ini adalah ayunan otomatis untuk bayi. Ayunan ini bisa bergerak jika ada suara bayi menangis atau suara apapun yang bisa ditangkap oleh sensor dan bisa berhenti secara otomatis dalam beberapa menit setelah bergerak,” jelas Afriansah S dengan logat Kendari, Kamis (23/11).

Selain Ayu Romantis, Sekjen juga kagum dengan Rumah Robot karya siswa-siswi MA Bismillah Serang Banten, Umi Hanifah dan Muhammad Subhan Himawan. Rumah Robot ini adalah rumah yang bisa dikontrol dengan memberikan perintah suara ke HP yang di dalamnya ada aplikasi yang sudah disambungkan dengan alat-alat di rumah.

“Misalnya, untuk mematikan lampu, pemilik rumah hanya bilang, “Lampu Mati”, kemudian lampu mati. Untuk membuka pintu, pemilik rumah tinggal bilang, “buka pintu”, kemudian pintu pun terbuka,” jelas Umi Hanifah kepada Nur Syam.

Inovasi-inovasi robot (Discivery Robot) dalam ajang Kpmetisi Robotik Madrasah 2017 ada 18 kreasi untuk tingkat MI, 13 kreasi untuk tingkat MTs, dan 18 untuk tingkat MA. Ada juga yang membuat toilet umum otomatis, alat pakan ikan otomatis, robot penyiram tanaman, alat jemur pakaian otomatis, tempat sampah otomatis, robot pemberi makanan binatang otomatis untuk kebun binatang, serta robot pemisah sampah organik dan unorganik.

Share :  

Berlangganan Berita