Menjadi Guru di Era Gawai

Opini   03/10/2017   by Madrasah   163 dilihat

Gawai yang dalam bahasa Inggris disebut gadged adalah perangkat yang memiliki fungsi lebih specific dan dirancang dengan teknologi canggih. Beberapa perangkat yang masuk pada kategori gawai diantaranya laptop, netbook, tablet, smartphone, internet dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua itu merupakan hasil kemajuan teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Tentu saja kemajuan teknologi tersebut juga membawa dampak positif dan negative.

Tidak dalam hitungan tahun atau bulan tetapi dalam hitungan detik teknologi selalu terbarukan. Ases internet dan media maya semakin mudah, murah dan tersedia dimana mana. Seiring perkembangan teknologi yang begitu cepat,  menuntut pengguna media internet lebih pro aktif dan senantiasa mengikuti perkembangan dan pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang tersebut.

Namun apakah perkembangan teknologi tersebut sebanding dengan kemampuan siswa dalam menerima pengetahuan dan dalam melaksanakan tugas tugas sekolah. Dalam hal ini, peran pendidikan dan guru sangat penting dan strategis, terutama dalam memberikan bimbingan, dorongan, semangat, dan fasilitas kepada siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan menggunakan teknologi. Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah peran pendidikan dalam memberikan arahan dan bimbingan agar penguasaana teknologi tidak menjadi bumerang bagi siswa, yang disebabkan kurangnya penghayatan terhadap etika.

Pendidikan dan guru dapat menumbuhkan pemahaman etika yang benar, agar kehidupan siswa tidak terancam oleh kemajuan teknologi itu sendiri. Sebagai guru, kita dituntut untuk mengarahkan dan membimbing peserta didik kita dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Diharapkan pula guru mampu menguasai teknologi yang senantiasa berkembang setiap saat sehingga kita bisa menyampaikan pesan kemanfaatan teknologi sekaligus mengarahkan dan memantau penggunaan sarana teknologi untuk media belajar peserta didik secara tepat. Kemampuan guru dalam menguasai teknologi mampu meminimalkan dampak negatif yang sering dikhawatirkan orang tua dan pengelola pendidikan selama ini.

Penggunaan media internet di era gawai sangat menguntungkan mengingat penggunaan media online untuk pengerjaan tugas akan sangat praktis dan efisien. Dengan pengerjaan dan pengumpulan tugas melalui media online memungkinkan guru bisa lebih cepat mengoreksi dan juga lebih praktis dibanding harus meneliti dan membawa buku ulangan siswa yang bertumpuk tumpuk. Selain itu juga pemanfaatan media internet juga lebihup to date dalam menyediakan materi pembelajaran seperti berita, informasi teknologi terbaru dan bahkan latihan pengerjaan soal soal baik ulangan harian, ulangan semester dan bahkan contoh contoh soal  Ujian Nasional pun juga disediakan secara lengkap.

Pemanfaatan teknologi di era gawai juga bisa diterapkan dalam pembelajaran dengan mengaksesquipper.com learn, yogyabelajar.comdan masih banyak lagi tautan yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran. Didalam tautan tersebut disediakan berbagai cara belajar efektif dan juga berbagai macam soal dari semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah beserta pembahasan secara lengkap dan jelas.  

Diharapkan guru senantiasa mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju tersebut dengan selalu belajar dan rajin mengakses materi materi dari internet. Kini saatnya kita sebagai guru lebih berusaha untuk memiliki ketrampilan dan kemampuan dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran di era gawai ini sehingga kita tetap mampu memberikan pendampingan dan pengarahan yang tepat kepada siswa. (Kholif Diniawati, Guru MAN Wonokromo. Tulisan ini telah dimuat di Koran Kedaulatan Rakyat, 2 Oktober 2017).

 

Share :  

Berlangganan Berita