Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah

Empat Madrasah Ikuti Kampaye OCD Sekolah Ramah Anak

Berita   11/09/2017   by Madrasah

Payakumbuh (Kemenag) - Empat madrasah mengikuti Kampanye Outdoor Classroom Day (OCD). Empat Madrasah tersebut adalah MAN 2 Payakumbuh, MIN 1 Bantul, MTs 34 Jakarta dan MA al-Hikmah Tasikmalaya.

COD merupakan salah satu kegiatan yang dihasilkan dari kerjasama antara Indonesia dan Lembaga Masyarakat di Inggris yang disepakati saat pertemuan Child in the City Conference pada bulan November 2016 di Belgia.

Kampaye COD adalah kampanye sehari belajar di luar kelas, yang melibatkan guru dan peserta didik. Kegiatan kampaye ini dimulai dari mencuci tangan bersama, berdoa bersama, sarapan makanan sehat, membaca ikrar "Saya Anak Indonesia, Saya Gembira, Sayang Semua," penanaman perilaku hidup sehat dan bersih serta penanaman karakter.

H. Alex Sandra, Kepala MAN 2 Payakumbuh mengatakan
, Outdoor Classroom Day (OCD) ini akan dilaksanakan besok, 7 September 2017, selama 3 jam, oleh 30 Sekolah yang ditunjuk.

"Alhamdulillah, MAN 2 Payakumbu ditunjuk oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai salah satu madrasah yang akan mengkampayekan sekolah ramah anak, ungkap Alex disela-sele mempersiapakan acara OCD," ujarnya.

OCD ini merupakan kegiatan bersama antara tiga Kementerian: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama.

Alex Sandra menambahkan
, OCD besok ini akan mengusung sejumlah tema, yakni Climate Change (Adaptasi Perubahan Iklim), melestarikan permainan tradisional, prilaku hidup bersih dan sehat, cinta tanah air dan pendidikan karakter.

"Kegiatan OC ini akan berlangsung besok dari jam 07:00
- 10:00 wib. Akan ada 1.789 siswa siswi MAN 2 Payakumbuh yang akan berkampaye," tutur Alex. (hamam)

Share :