18 Tulisan Bersaing pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa Madrasah

Berita   11/08/2017   by Madrasah   44 dilihat

Yogyakarta (Kemenag) --- Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional untuk siswa-siswi madrasah digelar bersamaan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM). 

Dari sekian banyak karya tulis yang masuk,delapan belas di antaranya terseleksi untuk mengikuti kegiatan Presentasi LKTI. Event ini dimulai sejak Rabu (09/08), di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

LKTI meliputi tiga bidang: Keagamaan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Setiap bidang terdiri dari dua juri yang terdiri dari  para akademisi dan peneliti. Mereka adalah Asrori S Karni dan Emma Marhuman (Juri Keagamaan), Ahmad Rofiq dan Ali Humaidi (Juri Ilmu Pengetahuan Sosial), serta Halida Widyastuti dan Khoirunnisa (juri Ilmu Pengetahuan Alam).

Ahmad Rafiq menilai siswa madrasah sudah mulai sensitif dengan isu-isu lokal atau lokalitas. “80 pesen isu yang mereka angkat adalah tentang lokalitas, cara mempertahankan nilai-nilai lokal, tradisi dan sebagainya,” ujar A. Rafiq di Yogyakarta, Rabu (09/08).

Asrori S. Karni mengaku kagum dengan cara siswa madrasah menyampaikan presentasi. Menurutnya, mereka menguasi materi, apalagi ketika megutip ayat-ayat sebagai landasan argumennya. 

“Diksi-diksi ilmiah mereka cukup kuat. Dulu saya tidak bisa seperti mereka. Ini merupakan kemajuan luar biasa,” jelas Asrori S. Karni yang pernah mengenyam pendidikan di madrasah program keagamaan di Jember.

Berikut 18 karya tulis ilmiah  yang terseleksi dan diikutkan pada LKTI 2017

A.    Bidang Keagamaan
1.    Mempelajari nilai-nilai al-Qur’an Menggunakan Alat Praktikum Biologi Sederhana (Madrasah Aliyah Al Ihsan Beleendah Bandung Jawa Barat)
2.    Upaya Penangkalan Paham Radikalisme di Lingkungan Pelajar Madrasah Aliyah Kota Balikpapan (MAN Balikpapan)
3.    Sains Kimia dalam al-Qur’an (Kajian Materi Kimia dan Penerapannya dengan Pendekatan Integrasi dan Interkoneksi) (MAN 4 Bantul)

4.    Konsep Halalan Thayyiban dalam al-Qur’an Analisisi Pakan Ayam Komersil ()
5.    Penciptan Alam Semster Menurut Teori Bing Bang dan Keselrasan Bukti dalam al-Qur’an (MAN 2 Kota Serang).
6.    Akulturasi Budaya Hindu, Budha dan Islam dalam pelaksanaan Tahlilan di Kalimantan Timur (MAN 2 Samarinda)

B.    Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial
1.    Huma Betang Tumbang Gagu Bentk Harmonisasi Perekat Kebhinekaan (MAN Sampit)
2.    Pengungsi Lantai Dua (Penerapan Hukum Adat Berbasis Masyarakat dalam Penanggulangan Banjir di Desa Ngembalrejo Bae Kudus Jawa Tengah) (MAN 2 Kudus)
3.    Eksistensi Kebudayaan Melayu di Tengah Modernisasi (Penelitian di Kampung Tua Bakau Serip, Sambau, Kec. Nongsa     Kota Batam, Kepulauan Riau) (MAN Insan Cendekia Batam)

4.    Tradisi Mempasah Desa Truyan (Studi Deskriptif tentang Pelaksanaan da Faktor Penyebab Tradisi Mempasah masih Bertahan di Era Globalisasi dan Modernisasi di Desa Truyan Bangli) (MAN 1 Jembrana, Bali)
5.    Analisis Strategis Peranan Kampung Dolanan sebagai Upaa Pelestarian Permainan Tradisional (Studi Kasus Kampung Dolanan Desa Pandes Penggungharjo, Sewon Bantul Yogyakarta) (MA Ali Maksum Yogyakarta)
6.    Say No To Hoax (Pengaruh Berita Hoax tentang Kesehatan terhadap Kecemasan pada Masyarakat Sidayu Gresik Jawa Timur) 

C.    Bidang Ilmu Pengetahuan Alam
1.    Pengolahan Daun Kelor (Moringa Oleifera) Menjadi Tepung Daun Kelor Penggant Tepung Terigu sebagai Bahan Dasar Proses Pembuata Kue Kering (Madrasah Aliyah DDI Lampu Satu Mareuke)
2.    Pemanfaatan Seduhan Bunga Rosella (Hibicus sabdariffa) terhadap Penurunan Kolesterol pada Penderita Kolesterol Tinggi) (MAN 3 Kota Makassar).
3.    Bioremediasi Ion Logam Timbal (Pb) pada Limbah Cair Industri Sarung Samarinda dengan Menggunakan Bonggol Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatusi) (MAN 2 Kutai Kartanegara)

4.    Teknologi Alutsista Siluman Anti-Radar Lapisan Keramik Hidroksiapatit dari Tulang IKAN Sapu-Sapu (Hypostomus plecostomus) Untuk Atenuasi Gelombang S-band (MA Unggulan Tlasih Tulangan Sidoarjo Jawa Timur)
5.    Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong (Manihot Esculenta) sebagai produk 3 in 1 untuk menjawab tantangan tren zero waste (Madrasah Aliyah Hidayatullah Jembrana Bali)
6.    Kemulsi (Ike no Sekkei) Keramba Multi Fungsi (MAN Serang)

(Hamam)

Share :  

Berlangganan Berita