Produk Hukum

Surat Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu No.S.4866/PB/2012

Tentang:
Surat Dirjen Perbendaharaan Nomor S.4866/PB/2012 tanggal 6 Juni 2012 

tentang
Petunjuk Pelaksanaan Pencairan dan Penyaluran Dana Bantuan Siswa Miskin dan Beasiswa Bakat dan Prestasi di Lingkungan Kementerian Agama 

Download

Tahun: 2012

 


PMK NO. 57/PMK.05/2007

Tentang: Peraturan Menteri Keuangan tentang Pengelolaan Rekening Milik Kementerian Negara/Lembaga/Kantor/Satuan Kerja

Download
Download Lampiran

Tahun: 2007

 


PMK No.201/PMK.07/2011

Tentang: Peraturan Menteri Keuangan tentang Pedoman Umum dan Alokasi BOS Tahun 2012. Download

Tahun: 2011

 


PMA No.2 Tahun 2012

Tentang: Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah. Download

Tahun: 2012

 


Edaran Dirjen No. SE/DJ.I/PP.00.9/80/2012

Tentang: Peningkatan Mutu Pengelolaan dan Layanan Akademik Program Peningkatan Kualilifikasi S.1. bagi Guru PAI/MI/RA melalui Dual Mode System. Download

Tahun: 2012

 


20/2003

Tentang: Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. download

Tahun: 2003

 

Serta Misi Direktorat Pendidikan Madrasah yaitu  :

  1. Memperkuat identitas pendidikan Islam pada setiap jenjang pendidikan RA, MI, MTs, dan MA
  2. Meningkatkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan anak usia pendidikan RA, MI, MTs dan MA
  3. Meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan pada tingkat RA, MI, MTs, dan MA
  4. Meningkatkan kualitas tata kelola dan akuntabilitas lembaga pendidikan pada tingkat RA, MI, MTs, dan MA.

Pendidikan Madrasah, program maupun lembaga pendidikannya dikembangkan agar mempunyai ciri khas yang menjadi keunikan komparatif (Comparative uniqueness) dari sub sistem pendidikan nasional lainnya yaitu;

  1. Pendidikan Madrasah menempatkan nilai-nilai islam dan budaya luhur bangsa sebagai spirit dalam proses pengelolaaan dan pembelajaran ditandai dengan intensitas dan kuantitas pembelajaran agama islam, penciptaan suasana keberagaman islam dalam lembaga pendidikan, penyedioaan referensi dan sarana keagamaan, serta keteladanan dalam pelaksanaan keagamaan islam;
  2. Pendidikan madrasah bersifat holistic yang memadukan pengembangan manusia seutuhnya antara aspek jasmani dan rohani; akidah, ibadah, mu’amalah, aklakul karimah; ilmu agama dan ilmu pengetahuan juga teknologi; nilai tradisi dan modern; serta kearifan lokal dalam dinamika global;
  3. Pendidikan Madrasah menjujung tinggi nilai-nilai amanah; tafaqquh fi Al Din kesetaraan, kebangsaan, kebhinekaan, pemberdayaan, pembudayaan profesional dan bermutu.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama pada pasal 146 Direktorat Pendidikan Madrasah mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, standarisasi dan bimbingan teknis serta evaluasi di bidang pendidikan madrasah.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 146, Direktorat Pendidikan Madrasah menyelenggarakan fungsi:

  1. Perumusan kebijakan di bidang kurikulum dan evaluasi, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, serta kelembagaan dan kesiswaan;
  2. Pelaksanaan kebijakan kurikulum dan evaluasi, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, serta kelembagaan dan kesiswaan;
  3. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang kurikulum dan evaluasi, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, serta kelembagaan, dan kesiswaan
  4. Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang kurikulum dan evaluasi, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, serta kelembagaan, dan kesiswaan;
  5. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga direktorat.

 Berdasar pasal 148 PMA nomor 10 Tahun 2010 susunan organisasi Direktorat Pendidikan Madrasah terdiri dari :

  1. Subdirektorat Kurikulum dan Evaluasi;
  2. Subdirektorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  3. Subdirektorat Sarana dan Prasarana;
  4. Subdirektorat Kelembagaan;
  5. Subdirektorat Kesiswaan; dan
  6. Sub bagian Tata Usaha Direktorat.

 Kebijakan Strategis

  1. Peningkatan Sarana dan Prasarana RA/BA Bermutu
  2. Peningkatan Sarana dan Prasarana MI, MTs & MA dalam Rangka Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP)
  3. Pengembangan Mutu RA/BA, MI, MTs dan MA
  4. Perluasan Kerjasama dan Bantuan Lembaga Donor (MEDP dan Akreditasi melalui AusAid)
  5. Penguatan Ciri Khas dan Regulasi Pendidikan Madrasah
  6. Pemenuhan Inpres No.3 Tahun 2010 mengenai PMT-AS
  7. Penyediaan Subsidi Pendidikan Madrasah Bermutu melalui Beasiswa Bakat dan Prestasi MTs dan MA
  8. Percepatan Akreditasi Madrasah
  9. Kompetisi dan Peningkatan Daya Saing Lembaga Madrasah
  10. Peningkatan Kualitas/Kompetensi/Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah.
  11. Peningkatan Citra, Tata Kelola / Manajemen & Akuntabilitas Pendidikan