(021) 3811654 (021) 385911

Berita

Sekjen: Madrasah Berkembang Cepat

  • Madrasah
  • /
  • Selasa, 17 April 2018 - 00:00 WIB
  • dilihat 135

Jakarta (Kemenag) --- Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam mengatakan, madrasah tumbuh dan berkembang sangat cepat

"Perkembangan madrasah kita sangat cepat, kemajuannya luar biasa dan melampaui ekspektasi. Dulu, kita gak berani berfikir, madrasah bisa secepat ini perkembangannya," terang Sekjen saat memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di MAN 3 Jakarta, Selasa (10/04).

Sekjen mengapresiasi berbagai pihak yang pro aktif dalam upaya percepatan yang dilakukan madrasah. 

"Pada UNBK ini, bisa kita saksikan, bagimana madrasah bergerak cepat untuk mengikuti perkembangan zaman. Apresiasi juga kepada guru dan wali kelas yang telah berusaha maksimal dalam mendidik putra-putri kita," katanya

Menurutnya, slogan: Lebih Baik Madrsah, Madrasah Lebih Baik mampu menjadi jiwa, pikiran dan bahkan ruh untuk menjadikan madrasah terus berbenah dan melakukan akselerasi. Seluruh siswa bisa mengikuti ujian dengan baik, UNBK tidak ada keluhan yang berarti, sarana dan prasarana madrasah juga memadai.

"Daya saing madrasah kita sudah baik dan ke depan saya yakin akan lebih baik lagi," imbuh Sekjen

Sekjen melihat, ke depan pendidikan bermutu lebih dikedepankan daripada perluasan akses. 

"Kita ke depan harus meningkatkan kualitas guru kita. Guru adalah kunci suksesnya pendidikan. Selain itu, kualitas mutu pembelajaran juga akan kita perhatikan. Jadi anak didik tidak hanya mendapat transfer pengetahuan, namun juga diajak berkelana untuk menemukan sesuatu. Ke depan pendidikan kita harus berbasis riset tidak sekedar transfer knowledge," tutur Sekjen. 

Pada UNBK 2018 ini, jumlah siswa-sisiwi MAN 3 Jakarta yang mengikuti ujian sebanyak 187 anak, dari tiga program: 79 siswa program MIA (Matematika dan Ilmu Alam), 69 siswa IIS (Ilmu-Ilmu Sosial) dan 39 siswa lainnya jurusan IIK (Ilmu-Ilmu Keagamaan).

Ikut mendampingi Sekjen, Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab dan Kakankemenag Jakarta Pusat Wahyudin .