(021) 3811654 (021) 385911

Berita

MA Annida al-Islamy Kota Bekasi Jadikan Baca Kitab Sebagai Muatan Lokal

  • Madrasah
  • /
  • Selasa, 17 April 2018 - 00:00 WIB
  • dilihat 413

Bekasi (Kemenag) --- Madrasah Aliyah (MA) Annida al-Islamy Bekasi menjadikan Qiraatil Kutub (baca kitab) dan Ilmu Falaq sebagai muatan lokal. Hal ini disampaikan Pimpinan MA Annida al-Islamy KH Ahmad Djauhari Abdurrahim.

Menurutnya, MA Annida al-Islamy berdiri sejak 1963 dan merupakan salah satu MA Swasta tertua dan terbesar di Kota Bekasi. Madrasah ini didirikan al-marhum al-maghfurlah Syekh Muhammad Muhadjirin Amsar Addary. Selain Aliyah, yayasan ini juga menyelenggarakan Madrasah Tsanawiyah (MTs), Perguruan Tinggi dan Ponpes. 

“MA Annida al-Islamy mempunyai salah ciri khas yakni mempelajari muatan lokal qiraatul kutub (membaca kitab kuning). Alhamdulillah, pada siswa-siswi kami sering mewakili Provinsi Jawa Barat pada Musabaqah Qiraatil Kutub Nasional (MQKN) beberapa waktu lalu, dan ada yang juara,” terang Kiai Djauhari, Senin (09/04).

Pada UNBK 2018 ini, jumlah siswa-sisiwi MA Annida al-Islamy yang mengikuti ujian sebanyak 148 anak, dari tiga Program: MIA (Matematika dan Ilmu Alam), IIS (Ilmu-Ilmu Sosial) dan IIK (Ilmu-Ilmu Keagamaan)

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Kamaruddin mengaku terkesan dengan muatan lokal yang diajarkan di MA Annida al-Islamy Kota Bekasi. “Saya sangat terkesan dan senang, berbangga hati dengan Yayasan ini, dengan Aliyah ini yang mengajarkan muatan lokal Qiraatil Kutub dan Ilmu Falak. Tidak banyak Aliyah di Indonesia yang seperti ini,” terang Dirjen saat memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Madrasah Aliyah Annida al-Islamy, Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat. 

Dirjen mengatakan, kajian kitab kuning sangat bagus, sebuah kekhasan Nusantara yang harus dirawat, dijaga, dipertahankan, dan dikembangkan. Sementara Ilmu Falak sangat penting karena dibutuhkan masyarakat secara umum

“Kemenag harus ikut bertanggung jawab dan pro aktif untuk membantu muatan lokal ini dan madrasah ini juga,” imbuh Dirjen.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen dan rombongan mendapatkan oleh-oleh sejumlah kitab karangan asli dari Keluarga Besar Yayasan Annida al-Islamy.

Ikut mendampingi Dirjen, Direktur Kurikulum Sarana Kesiswaan dan Kelembagaan Madrasah Ahmad Umar, Kabid Penmad Kanwil Jabar dan Kakankemenag Kota Bekasi. Kakankemenag Kota Bekasi H Mujani merupakan alumni MA Annida al-Islamy.