(021) 3811654 (021) 385911

Berita

Pantau Ujian, Dirjen Pendis Ingatkan Tantangan Dunia Digital Siswa Madrasah

  • Madrasah
  • /
  • Selasa, 17 April 2018 - 00:00 WIB
  • dilihat 141

Bekasi  (Kemenag) --- Dirjen Pendidikan Islam (Pendis)  Kamaruddin Amin memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 di Bekasi. Ada dua madrasah yang dikunjungi, yaitu, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bekasi  dan Madrasah Aliyah Swasta Aninda Al Islamy Bekasi. 

Kepada para siswa, Kamaruddin mengingatkan tentang tantangan dunia digital. “Kalian adalah generasi milineal penerus bangsa. Harus diingat, tantangan lebih besar dan hebat buat kalian daripada  kami generasi zaman old,” tutur Kamaruddin, Senin (09/04).

"Di zaman revolusi keempat ini, dibutuhkan kompetensi luar biasa. Tidak bisa tidak, di zaman digital ini, ditandai dengan banyak kecerdasan. Banyak pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin dan robot," ungkap Dirjen.

Menurut Kamaruddin, UNBK merupakan sarana menguji kompetensi individu siswa tentang  hasil kedisiplinan dan  keuletan dalam mengikuti proses belajar mengajar. Selain itu, UNBK juga menjadi sarana ujian sistem proses belajar mengajar di madrasah yang ikut merefleksikan capaian proses belajar mengajar.

“Ketiga , UNBK juga sarana ujian kita semua, Dirjen, Direktur KSKK, Kepala Madrasah dan  Kakanwil sebagai pemangku kebijakan,” tegasnya.

“Selamat melaksanakan ujian. Hadapi dengan tenang. Jangan tegang karena untuk sampai di titik ini kalian sudah melalui proses  sangat panjang. Sambil berdoa, Insya Allah akan dapat nilai yang baik,” ujarnya.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar menuturkan bahwa UN MA tahun ini diikuti tidak kurang dari 449,630 siswa yang  berasal dari 7.932 MA.

Menurut Umar, dari jumlah itu, sebanyak 416.899 siswa akan mengikuti UNBK. Sedang  32.731 siswa lainnya, akan mengikuti UN berbasis Kertas dan Pensil (PK).

Kepala MAN 1 Bekasi Endang Saifuddin menyampaikan UN MA akan berlangsung tiga hari, dari 9 - 12 April 2018. Untuk ujian susulannnya, digelar 17 - 18 April 2018. (Hikmah)