Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah

SEKAPUR SIRIH

MERAYAKAN KEBANGKITAN MADRASAH

Perkembangan informasi dan teknologi (IT) setiap detik terus mengalami perkembangan dan persaingan. Lembaga pendidikan tidak boleh menutup mata terhadap perkembangan tersebut. Mengikuti perkembangan IT yang sudah sedemikian canggih dan maju merupakan salah satu jalan menuju inovasi kemandirian lembaga pendidikan.


Kalau kita masih berpikir birokrasi murni dalam konteks hanya menjalankan tugas yang di situ ada aturan-aturannya, tentu tidak bisa mengantisipasi perubahan yang terjadi di masyarakat. Pembenahan dan inovasi di lingkungan Direktorat KSKK Madrasah senantiasa dilakukan, salah satunya adalah memperbaiki sistem informasi melalui media website ini. Di tahun ini 2017, dengan semangat dan sumber daya yang baru, Direktorat KSKK tampil di dunia maya dengan wajah baru, yakni website Direktorat KSKK yang tidak hanya berbasis layanan tetapi juga berusaha untuk merayakan gagasan-gagasan kreatif, inovatif dari civitas akademika, baik itu guru, tenaga kependidikan, siswa maupun masyarakat umum.


Di website baru ini, masyarakat akan disuguhkan dengan sejumlah informasi terkait dengan madrasah (tidak hanya informasi pengumuman, SK, Juknis dan Berita tetapi juga memberikan file-file yang bermanfaat bagi pengembangan pembelajaran, seperti video atau buku model pembelajaran dan lain-lain). Tidak hanya itu, website baru ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur media social pendukung lainnya, seperti fanpage, instagram, twitter, youtube channel dan lain-lain.


Di website baru ini, guru dan siswa pun memiliki kesempatan untuk menuangkan gagasan-gagasan keratif dan inovatifnya terkait dengan pendidikan secara umum, maupun kemadrasahan secara khusus di dalam laman website ini.


Last by no means the least, website Direktorat KSKK, madrasah.kemenag.go.id ini merupakan salah satu wasilah (sarana) untuk mendekatkan kami, sebagai lembaga atau institusi pengelola madrasah dengan stakeholder madasah di seluruh Indonesia. Luasnya wilayah geografis semoga tidak menjadi alasan bagi terhalangnya komunikasi antara kami dengan stakeholder madrasah, sebab website ini telah menjadi jembatan komunikasi yang efektif yang dapat menembus jarak dan waktu.


Semoga dengan tampilnya website madrasah yang baru ini, kita semua, civitas akademika dan stakeholder madrasah bisa merasakan dan merayakan Kebangkitan Madrasah. Sebuah Kebangkitan untuk mempersiapkan generasi Islami yang tidak mumpuni dalam kelimuan, tetapi juga memiliki tanggung jawab dan akhlak yang mulia.

 

Prof. Dr. Phil. H. M. Nur Kholis Setiawan, MA