Direktorat Pendidikan Madrasah mohon maaf atas keterbatasan peserta dalam Festival dan Kompetisi Robotik Madrasahh 2016, semoga tahun berikutnya dapat dilaksanakan dengan lebih maksimal.

Nagita: Raih Medali Perunggu IBO 2015

nagita 5

Belajar di madrasah bagi Nagita merupakan ikhtiyar untuk bisa lebih dalam mempelajari agama selain mempelajari ilmu lainnya. Selain bisa lebih dalam mempelajari agama, juga bisa menjadi lebih mandiri dan banyak mendapatkan nilai-nilai positif dari kehidupan asrama.

Nagita Giyanti Annisa, anaknya fokus. Di rumah dia tidak banyak belajar pelajaran-pelajaran sekolah, tapi hanya belajar untuk persiapan olimpiade. Nagita biasanya mempersiapkan diri untuk olimpiade di rumah karena waktunya lebih longgar dari madrasah. Walaupun tidak belajar dengan terlalu serius, dia biasanya hanya hanya mereview catatan dan mengerjakan tugas pelatnas.

Lingkungan belajar di madrasah sangat kondusif, apalagi bila mendekati hari lomba. Teman-teman juga diberikan waktu khusus untuk belajar. Namun agak sulit untuk mengerjakan tugas-tugas pelatnas karena keterbatasan waktu dalam menggunakan fasilitas laptop di asrama.

Nagita merupakan salah satu siswi MAN IC Serpong yang tertarik dengan bidang Biologi. Alasannya sederhana, dengan mempelajari biologi, dia dapat mengetahui lebih banyak tentang kehidupan dan dirinya sendiri. Biologi juga ilmu yang sangat bermanfaat dengan cakupan yang sangat luas dan banyak bersinggungan dengan keilmuan lainnya.

Kecintaannya kepada Biologi mengantarkan dia ke Denmark untuk mengikuti International Biology Olympiad (IBO). Sebelum bisa mengikuti IBO, banyak tahapan yang harus dilalui. Dari seleksi tingkat sekolah, kota, provinsi, nasional, lalu pelatnas.

Di tahun 2014, Nagita pernah meraih medali emas bidang Biologi di OSN. Medalis OSN ini akan diundang untuk mengikuti pelatnas tahap I yang berdurasi 3-4 minggu. Di pelatnas, Nagita diberikan materi-materi yang dibutuhkan untuk IBO sekaligus diseleksi kembali. Dari 30 orang yang mengikuti pelatnas tahap I, terseleksi 16 orang untuk mengikuti pelatnas tahap II. Kemudian 8 orang pada pelatnas tahap III, sampai akhirnya terpilih 4 orang yang akan menjadi delegasi Indonesia untuk IBO.

Sebelumnya, Nagita pernah mengikuti pelatnas di tahun 2014, namun hanya berhasil lolos sampai pelatnas tahap II. Di tahun 2015 ini, Alhamdulillah, Nagita bisa lolos sampai 4 besar. Keempat orang ini kemudian dilatih kembali di pelatnas tahap IV. Di sini, tidak terlalu banyak materi yang diberikan, kebanyakan hanya simulasi tes teori dan praktikum, yang kemudian langsung dibahas jawaban dan kesalahan-kesalahannya.

Nagita berangkat ke Denmark pada 9 Juli 2015 didampingi oleh empat dosen pembimbing dari ITB dan satu guru biologi MAN Insan Cendekia Serpong. Setelah menginap dan membiasakan diri pada kondisi lingkungan yang berbeda selama tiga hari di Kopenhagen, rombongan berangkat ke Aarhus untuk mengikuti IBO.

Di Kopenhagen, Nagita dan tim sempat berkunjung ke KBRI Denmark dan disambut oleh duta besar Indonesia untuk Denmark beserta stafnya. Pembukaan IBO berlangsung pada 12 Juli di Concert Hall Aarhus. Tes praktikum dilaksanakan pada 14 Juli dan tes teori pada 16 Juli di Aarhus University.

Nagita Giyanti Annisa
Nagita Giyanti Annisa

Selama lomba berlangsung, peserta tidak diizinkan bertemu dengan para pembimbing yang berperan sebagai Jury Member. Jury member ini bertugas dalam menerjemahkan soal ke Bahasa Indonesia dan mengoreksi kembali hasil periksa panitia IBO sehingga peserta bisa memperoleh nilai yang maksimal. Hasil diumumkan pada 18 Juli beserta penutupan dan gala dinner.

Tim Indonesia berhasil meraih 1 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Nagita dan tim sampai kembali di Indonesia pada 20 Juli 2015. Pelaksanaan IBO kali ini bertepatan dengan akhir Ramadan, dan Nagita harus melewatkan Idul Fitri di Denmark. Sayangnya, Nagita dan tim tidak bisa menunaikan shalat Ied karena tidak mengetahui lokasi masjid yang menyelenggarakan shalat Ied, dan tidak memiliki sarana transportasi.

Selain itu, hal yang cukup sulit bagi Nagita adalah dalam melaksanakan shalat Maghrib, Isya, dan Subuh karena waktu yang berdekatan di malam hari. Magrib jam 10 malam, Isya jam 12 malam, dan Subuh setengah tiga dini hari. Hal ini disebabkan musim panas yang sedang berlangsung sehingga siang menjadi lebih panjang dan malam menjadi lebih pendek.

Atas prestasi tersebut, Nagita sangat berterima kasih kepada kedua ornaguanya.. Sejak awal, mereka selalu siap membimbing dan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan Nagita selama mengikuti olimpiade. Selain itu, mereka selalu memberikan dukungan moral dan menyemangati Nagita untuk selalu berusaha dan tidak menyerah serta berputus asa. Walaupun begitu, bimbingan dari guru-guru di sekolah dan dosen-dosen pembimbing di TOBI, serta dukungan dan doa dari teman-teman dan keluarga lainnya juga sangat berharga bagi Nagita.

Berkat prestasinya meraih medali perunggu IBO, Nagita, selain mendapatkan medali, sertifikat, dan hadiah berupa uang, juga mendapatkan beasiswa untuk kuliah S1 dari Kemendikti.

Identitas Diri

Nama                                                      : Nagita Gianty Annisa

Tempat/Tgl Lahir                                  : Jakarta/1 November 1997

Nama Ayah                                            : Hermansyah

Nama Ibu                                               : Triyani Yuningsih

Pekerjaan Ayah                                     : Wiraswasta

Pekerjaan Ibu                                        : PNS

Umur                                                      : 17

Alamat Rumah                                      : Bumi Serang Damai B2 No. 8, Taktakan, Serang, Banten

No. Telpon Ruman                               : –

No. Hp                                                   : 087769648241

Alamat email                                         : ngianty@gmail.com

Alamat Facebook                                  : Nagita Gianty Annisa

Alamat Twitter                                       : @nagitagianty

Motto Hidup                                         : Tidak ada usaha yang sia-sia

Cita-cita                                                 : medical scientist

Hobby                                                    : membaca novel dan blogging

Kelas berapa sekarang                         : Semester 1 S1

 

Latar Belakang Pendidikan

Nama RA/TK                                          :  TKIT Al-Izzah (2002 sd 2003)

Nama SD/MI                                          : SDIT Al-Izzah (2003 sd 2009)

Nama SMP/MTs                                    : SMP Kharisma Bangsa (2009 sd 2012)

Nama SMA/MA                                    : MAN Insan Cendekia Serpong (2012 sd 2015)

Jenjang S1                                             : Universitas Indonesia (2015 sd …)

 

Pelatihan-pelatihan            :

No Nama Kegiatan Penyelenggara Tempat/Tanggal/Bulan/Tahun
1 Pelatnas Biologi 2014 Tim Olimpiade Biologi Indonesia Bandung
2 Pelatnas Biologi 2015 Tim Olimpiade Biologi Indonesia Bandung

 

Prestasi                                  :

No Kategori Penghargaan Penyelenggara Nama Kegiatan/ Tempat/Tanggal/Bulan/Tahun
1 Medali Perak Kemendikbud OSN 2013 Bandung
2 Medali Perak Kemendikbud OSN 2014 Mataram
3 Bronze Medal IBO IBO 2015 Denmark

 

 

Pengalaman Organisasi

No Nama Organisasi Alamat Organisasi Masa
1 OS Cendekia MAN Insan Cendekia Serpong 2012/2013 dan 2013/2014

 

 

5443 Total Views 15 Today Views
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *