Direktorat Pendidikan Madrasah mohon maaf atas keterbatasan peserta dalam Festival dan Kompetisi Robotik Madrasahh 2016, semoga tahun berikutnya dapat dilaksanakan dengan lebih maksimal.

Tegar: Ingin Menjadi Dalang Kondang

Siswa MI ini Ingin Menjadi Dalang Kondang
Siswa MI ini Ingin Menjadi Dalang Kondang

Tegar Haryo Seno adalah salah satu siswa madrasah yang ingin menjadi Dalang. Mencari sosok seperti Tegar di zaman sekarang memang susah. Alhamdulillah, anak madrasah ini masih mau melestarikan tradisi atau budaya Jawa yakni dengan menjadi dalang. Ia adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Assalam Cepu Blora Jawa Tengah. Cita-citanya sederhana yakni menjadi dalang supaya bisa berdakwah lewat pertunjukan wayang seperti yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Bagi Tegar, di dalam kisah perwayangan ada ajaran-ajaran yang Adi Luhung.

Di umurnya yang masih belia ini, dia sudah menjadi siswa yang berprestasi dalam seni perwayangan, di antara prestasinya adalah 1) Juara I lomba Festival Dalang Bocah Kab. Blora 2 Agustus 2015, 2) Dalang Termuda dalam Festival Dalang Bocah Kab. Blora 2 Agustus 2015, 3) Temu Dalang Nusantara. Solo, 23-29 Agustus 2015, 4) Finalis Aksi Junior Indosiar. Jakarta, Juni 2015 dan 5) Dalang Terbaik Jawa Timur (Festival Dalang Bocah JATIM). Surabaya, 27 Juli 2016

Bagaimana kisah perjalanan perdalangan Tegar? Tegar sendiri yang akan menuturkan di bawah ini:

“Saya berlatih dalang sejak kelas II MI. Latihannya satu minggu sekali tiap hari minggu. Karena tempat tinggal saya jauh dari sanggar (sekitar 40 Km) maka saya hanya mengambil hari minggu saja.

Sebenarnya saya menyukai wayang sebelum saya sekolah, yaitu lewat cassette CD lewat TV, baru setelah saya kelas III saya minta bapak untuk dicarikan Guru dalang. Bapak sempat kebingungan karena di daerah tempat tinggal saya tidak ada sekolah dalang. Kemudian bapak menghubungi teman-temannya dan oleh temannya bapak saya di antar ke guru dalang yang berada di Blora.

20160809_200110

 Meskipun tempatnya jauh Bapak dan Ibu selalu mengntarkan saya ke latihan dalang di Blora. Baru berlatih 2 bulan, saya diperbolehkan guru dalang saya naik panggung dan memainkan wayang walaupun hanya sebentar (Abur-Aburan Gatot Koco).

 Setelah beberapa bulan berlatih di Blora diadakan Festival Dalang Bocah walaupun pada saat itu saya sudah bias, namun oleh guru saya tidak diikutkan Festival karena belum bagus. Setelah satu tahun saya baru diikutkan Festival Dalang Bocah II  di Blora dan Alhamdulillah saya bias menjadi dalang Termuda dan Terbaik di Blora mengalahkan teman-teman satu sanggar dan sanggar yang lain.

 Berbekal pengalaman di Festival, oleh tante saya diikutkan Audisi Aksi Junior Indosiar di Surabaya. Dengan menggabungkan Seni Wayang dan Dakwah akhirnya saya lolos Audisi dan mengikuti AJ Indosiar di Jakarta dan Alhamdulillah saya bias lolos ke final  5 Besar dari 42 peserta dari seluruh wilayah Indonesia, sungguh pengalaman yang luar biasa, karena saya anak desa yang jauh dari perkotaan dan juga saya berlatar belakang tidak mampu.

 Setelah mengikuti Aksi Junior di Indosiar. Saya mendapatkan undangan untuk mengikuti Temu Dalang Nusantara di Solo yang diikuti 285 Dalang cilik dari seluruh Indonesia dan Alhamdulillah saya mendapatkan gelar Dalang Beneran (dalang bocah).

tr

 Dan pengalaman terakhir ketika mengikuti Festival dalang bocah di Surabaya (27 Juli 2016). Dalam Festival itu saya menjadi peserta yang tampil dan di tengah perjalanan tampil tiba-tiba Sound Systemnya rusak dan saya disuruh mengulang sampai selesai, dan saya sudah tidak punya harapan lagi untuk menjadi juara karena kendala sound yang rusak. Tapi itu tidak mempengaruhi juri karena murni kesalahan sound system dan Alhamdulillah setelah mengikuti pengumuman saya dinyatakan dalang terkecil, termuda dan terbaik dari 25 peserta dari seluruh wilayah Jawa Timur.”[]

 Identitas Diri

Nama                                     : Tegar Haryo Seno

Tempat/Tgl Lahir                  : Bojonegoro, 8 Mei 2006

Nama Ayah                           : Suparno

Nama Ibu                              : Sulistyarini

Pekerjaan                              : Buruh

Pekerjaan Ibu                        : Ibu Rumah Tangga

Umur                                     : 10 Tahun

Alamat Rumah                      : RT.04 RW.02 DS. Ngaglik Kec. Kasiman

Kab. Bojonegoro

No. HP                                   : 085258334260 / 082134864947

Motto Hidup                         : Hidup Harus Berguna Bagi Sesama

Cita-cita                                 : Ingin Jadi Dalang Kondang

Hobby                                    : Nonton Wayang / Menggambar Wayang

Kelas                                      : 5 ( Lima ) MI Assalam Cepu

 

Latar Belakang Pendidikan

Nama RA/TK                         :  tahun 2008 sd tahun 2010

Nama SD/MI                         : MI ASSALAM CEPU (tahun 2010 sd tahun 2016)

 

Pelatihan-pelatihan

No. Nama Kegiatan Penyelenggara Tempat/Tanggal/Bulan/Tahun
1 Dalang/Karawitan Sanggar

Cahyo Sumirat

Blora, 05 TH 2013 s/d 2016

 

Prestasi

No. Nama Kegiatan Penyelenggara Tempat/Tanggal/Bulan/Tahun
1 Juara 1 Dalang (Blora) Pepadi Blora Blora, / 2 Agustus 2015
2 Finalis AJ Indosiar Indosiar Jakarta, Juni 2015
3 Dalang Termuda (Blora) Pepadi Blora Blora./2 Agustus 2015
4 Temu Dalang Nusantara Pepadi Pusat Solo, / 22-29 Agustus 2015
5 Dalang Terbaik Jatim Pemprov Jatim Surabaya, /27 Juli 2016

 

 

1952 Total Views 15 Today Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *