Direktorat Pendidikan Madrasah mohon maaf atas keterbatasan peserta dalam Festival dan Kompetisi Robotik Madrasahh 2016, semoga tahun berikutnya dapat dilaksanakan dengan lebih maksimal.

Buat Foursis Umbrella, Dapat Penghargaan

Oze Dora Ilala dan Nurma Kamila
Oze Dora Ilala dan Nurma Kamila

Belajar di Madrasah.

Orangtuanya memberi nama dia Oze Dora Ilala. Orangtuanya menginginkan dia menjadi sosok yang periang, hidup dengan kebahagiaan walaupun banyak rintangan, tidak mudah putus asa dan selalu berusaha dalam menjalani hidup. Oze Dora Ilala adalah siswi MAN 2 Kudus. Lingkungan madrasah tempat dia belajar cukup membuat dia nyaman. Ketika sedang badmood di dalam kelas, misalnya,  sesekali dia sering melihat taman yang ada di sebelah kelas. “Taman-taman itu mampu mengusir badmood saya,” katanya sambil tersenyum.

Fasilitas di madrasah cukup memadai. Sehingga dapat membuat suasana belajar tenang. Di sini (MAN 2 Kudus) juga banyak teman-teman yang cerdas dan pintar, sehingga jika salah satu dari siswa-siswi ada yang kurang paham mengenai suatu pelajaran, maka mereka akan melakukan diskusi saling sharing pelajaran.

Bagi Oze Dora Ilala,  dengan belajar di Madrasah bisa memperbaiki dirinya. Mata pelajaran tentang agama Islam yang lebih banyak dan spesifik dan bahkan berimbang dengan pelajaran umum menjadikan adanya keseimbangan ilmu dunia dan ilmu agama. Selain itu, menurut Dora, banyak penyelenggaraan kegiatan-kegiatan Islami yang bisa menumbuhkan karakter Islami dalam diri siswa-siswi di MAN 2 Kudus ini.

Nilai-nilai keagamaan dan nilai-nilai budaya—karena di sini (MAN 2 Kudus. red) banyak siswa yang datang dari  berbagai daerah sehingga terjadi akulturasi budaya—tidak akan melenceng dari agama. Nilai sosial juga Dora dapatkan di sini karena di MAN 2 Kudus dia tinggal di asrama madrasah.

Meraih Penghargaan

_MG_8862oze

Oze Dora Ilala pernah meraih International Best Invention Award dari Taiwan Invention Association karena penemuan Fousis Umbrella pada 10th International Exhibition For Young Inventors 2014 yang diadakan oleh LIPI pada 29 Oktober-1 November 2014 di Jakarta. Penghargaan tersebut tidak bisa dilepaskan dari keinginannya untuk sukses dan tak hentinya berusaha untuk mencapai kesuksesan tersebut. Orangtuanya selalu memberikan semangat untuk mencapai yang terbaik.

Dora daya kreativitas yang kuat dan keinginan yang kuat. Jika dia menemukan sesuatu hal yang baru, dia tidak bisa tinggal diam. Keluarganya akan selalu mendukung untuk mengembangkan minatnya. Asalkan itu adalah minat yang bagus dan tidak melenceng dan selain itu tentunya didukung dengan semangat dan doa dari keluarga.

Ceritanya begini, saat duduk dikelas XI jurusan IPA di MAN 2 Kudus Allah menjawab kerja kerasnya. Oze berhasil menjadi finalis National Young Invetors Award yang diselenggarakan LIPI. Oze bersama temannya, Nurma Kamila, merancang sebuah benda bernama Fousis Umbrella, alat semacam tongsing yang memiliki multifungsi, selain berfungsi sebagai tongsis (tongkat narsis), juga bisa berfungsi sebagai payung dan ipod.

Fousis Umbrella dimulai dari mendaftarkan produk tersebut di LIPI dengan kategori NYIA (national young invetors award), semula dia dengan temannya tidak menyangka akan masuk di NYIA tersebut karena dapat dilihat dari saingannya sekitar seribu lebih.

Ozepun mengikuti bimbingan dari madrasah dan mendapat bantuan dari kedua orangtuanya. Masih lekat diingatkannya, kerja kerasnya selama kurang lebih dua minggu tersebut terbayar lunas ketika para juri mengumumkan bahwa dalam perlombaan produk inovatif tersebut mendapat penghargaan International Best Invention Award dari Taiwan Invention Association.

“Menurut juri, produk ini unik dan orisinal serta memiliki potensi pengembangan untuk diproduksi massal. Produk ini seperti halnya payung pada umumnya namun memiliki tambahan fungsi sebagai tongsis dan fourpod (penyangga kamera berkaki empat). Para juri tertarik karena produk ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri,” kata Dora.

Berkat temuannya ini, Oze dan Nurma diundang ke acara Hitam Putihnya Dedi Corbuzer.[]

DSCF1063 dedi

Identitas Diri

Nama                           : Oze Dora Ilala

Tempat/Tanggal Lahir    : Jepara, 23 Juni 1998

Nama Ayah                   : Marsyahid

Nama Ibu                      : Sri Hariyanti

Pekerjaan Ayah              : Kontraktor

Pekerjaan Ibu                : Ibu Rumah Tangga

Umur                            : 16 tahun

Alamat Rumah               : Welahan Rt06 Rw02 Welahan Jepara

No.Telepon Rumah        : –

No. Hp                          : 089608613198

Alamat Email                 : ozhieodi@yahoo.co.id

Alamat Facebook           : Ozhie Duora Veansca

Alamat Twitter               : @ozhiella

Motto Hidup                 : lebih baik menjadi orang yang terpilih daripada menjadi orang yang terbaik

Cita-Cita                        : Teknik Sipil

Hobby                          : menyendiri untuk menghasilkan sesuatu yang baik

Sekarang Kelas Berapa  : XI IPA 4

 

Latar belakang pendidikan

Nama RA/TK                 : RA SUNAN MURIA                   tahun 2002 sampai 2004

Nama SD/MI                 : SD N 2 Welahan Jepara                        tahun 2004 sampai 2010

Nama SMP/MTs                        : SMPN 1 Welahan  Jepara         tahun 2010 sampai 2013

Nama SMA/MA             : MAN 2 Kudus                          tahun 2013 sampai 2016

 

 

Pelatihan-Pelatihan

No Nama Kegiatan Penyelenggara Tempat/Tanggal/Bulan/Tahun
1 Bimbingan Produk Inovatif MAN 2 Kudus Kudus

 

Prestasi

No Kategori  Penghargaan Penyelenggara Nama Kegiatan/ Tempat/Tanggal/Bulan/Tahun
1 Produk inovatif LIPI NYIA
2 Produk inovatif LIPI IEYI
2804 Total Views 12 Today Views
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *