Direktorat Pendidikan Madrasah mohon maaf atas keterbatasan peserta dalam Festival dan Kompetisi Robotik Madrasahh 2016, semoga tahun berikutnya dapat dilaksanakan dengan lebih maksimal.

Itjen Kemenag Pantau Seleksi PPDB MAN Insan Cendekia

irjen

Jakarta (Kemenag) — Komitmen Kemenag untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan memperluas akses masyarakat terhadap pendidikan yang baik, sudah tampak sejak dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Untuk memastikan seleksi berjalan fair dan objektif, tim dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama turun ke lapangan untuk ikut melakukan pemantauan PPDB MAN Insan Cendekia (IC).

PPDB MAN IC digelar serentak hari ini, Sabtu (18/03) pada 38 lokasi di 29 provinsi. Ditemui saat melakukan pengawasan PPDB MAN IC di MAN 4 Pondok Pinang, Kabag Umum dan Kepegawaian Itjen Kemenag RI Akhmad Hariyanto mengatakan bahwa pengawasan dilaksanakan untuk memastikan penyelenggaraan tes MAN IC dilaksanakan secara transparans dan akuntabel.

Menurut Akhmad Hariyanto, Itjen telah menurunkan 7 tim monitoring dan evaluasi yang disebar pada 7 provinsi yang memiliki MAN IC, yaitu: Riau, Sumatera Selatan, Banten, Riau, Jambi, Bangka Belitung, Jawa Tengah.

“Tim monev ini juga melakukan pengawasan di titik-titik terdekat dari MAN Insan Cendekia di provinsi tersebut. Misalnya untuk provinsi Banten, ada MAN IC Serpong, maka monitoring juga dilaksanakan di titik Serpong, Jakarta dan Serang,” tutur Kasubag Perencanaan dan Anggaran Itjen Endang Kusnadi yang turut serta dalam tim monitoring pelaksanaan tes MAN IC di MAN 4 Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga mengingatkan jajarannya agar proses pelaksanaan seleksi PPDB MAN IC berjalan dengan fair dan objektif. Hal itu menurutnya menjadi salah satu cara untuk mendapatkan input yang berkualitas.

“Akses Pendidikan yang bermutu merupakan instrument efektif memutus mata rantai keterbelakangan. Sistem seleksi yang fair dan objektif dapat menjadikan seseorang from zero to hero,” pesan Menag.

Tes PPDB MAN IC dilaksanakan sejak pukul 07.30 WIB -16.15 WIB yang dibagi dalam empat sesi. Berdasarkan data Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kemenag RI, jumlah peserta terdaftar yang berhak mengikuti seleksi tertulis MAN IC Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 7.582 orang. Sementara jumlah kuota yang tersedia pada tahun 2017 ini sebanyak 1.916 siswa/i yang akan ditempatkan di 20 MAN Insan Cendekia se-Indonesia. (ilm/baz/mkd)

498 Total Views 39 Today Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *