Direktorat Pendidikan Madrasah mohon maaf atas keterbatasan peserta dalam Festival dan Kompetisi Robotik Madrasahh 2016, semoga tahun berikutnya dapat dilaksanakan dengan lebih maksimal.

Menag Minta PPDB MAN IC Fair dan Objektif

Menteri Agama RI
Menteri Agama RI

Jakarta (Kemenag) — Ujian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) yang digelar hari ini tidak luput dari perhatian Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Kepada jajarannya, Menag mengingatkan agar proses PPDB berjalan dengan objektif agar mendapatkan input yang berkualitas.

“Akses Pendidikan yang bermutu merupakan instrument efektif memutus mata rantai keterbelakangan. Sistem seleksi yang fair dan objektif dapat menjadikan seseorang from zero to hero,” pesan Menag di Jakarta, Sabtu (18/03).

“Selamat dan sukses PPDB MAN Insan Cendekia Tahun 2017,” tambahnya.

Senada dengan Menag, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddn Amin juga menggarisbawahi pentingnya proses seleksi yang baik untuk mendapatkan putra-putri terbaik. Dengan begitu, seleksi PPDB MAN IC bisa menjadi gerbang bagi generasi bangsa menuju regenerasi kepemimpinan Indonesia yang lebih hebat.

“PPDM MAN IC adalah proses menemukan putra-putri terbaik bangsa calon pemimpin dan generasi berkualitas bangsa menuju Indonesia hebat,” ujarnya.

Ujian PPDB MAN IC digelar serentak secara nasional. Tercatat PPDB tahun ini diikuti 7.582 peserta dari MTs dan SMP, negeri maupun swasta, dengan komposisi: 23,82 % siswa SMP swasta, 17,30 % siswa MTs swasta, 19,26% siswa SMP Negeri, dan 39,61% siswa MTs Negeri. Mereka akan memperebutkan 1.916 kuota yang terdistribusi di 20 MAN IC yang tersebar di beberapa provinsi.

Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam M Ishom Yusqi berharap seleksi PPDB MAN IC bisa menjadi salah satu sarana terbaik yang disiapkan Kemenag dalam menyiapkan generasi Islam yang berkualitas. “Seleksi Nasional PPDB MAN IC adalah jembatan prestasi siswa menuju cendekiawan muslim terdepan,” harapnya.

Harapan sama disampaikan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) M Nur Kholis Setiawan. “MAN IC adalah langkah awal menyeleksi calon-calon insan akademik. Selamat berkompetisi para calon akademisi handal untuk masa depan Islam dan Indonesia,” pesannya.

Ujian PPDB Man IC digelar di 29 Provinsi dengan 38 titik tes, antara lain: MAN IC, Kantor Kanwil Kementerian Agama Provinsi, dan madrasah yang ditunjuk.Hasil tes ujian penerimaan MAN IC ini akan diumumkan pada 10 April mendatang. Adapun materi yang akan diujikan, terdiri dari Tes Potensi Belajar (TPB), Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, serta PAI dan Bahasa Arab. (faqih&sholla/mkd/mkd)

641 Total Views 30 Today Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *