Direktorat Pendidikan Madrasah mohon maaf atas keterbatasan peserta dalam Festival dan Kompetisi Robotik Madrasahh 2016, semoga tahun berikutnya dapat dilaksanakan dengan lebih maksimal.

Keluarga Habibie Hibahkan 6Ha Tanah MAN IC Gorontalo ke Kemenag

Hj Alwini Karsum Habibie serahkan akta hibah tanah MAN IC Gorontalo kepada Sekjen Kemenag Nur Syam. (foto: Gpenk)
Hj Alwini Karsum Habibie serahkan akta hibah tanah MAN IC Gorontalo kepada Sekjen Kemenag Nur Syam. (foto: Gpenk)

Tangerang (Kemenag) — Keluarga besar Habibie menghibahkan tanah seluas 6Ha yang saat ini digunakan oleh MAN Insan Cendekia (IC) Gorontalo kepada Kementerian Agama.

Hibah ini ditandai dengan penandatanganan akta hibah oleh Hj Alwini Karsum Habibie selaku Ketua Yayasan Alwi Abduldjalil dan Hj RA Tuti Marini Habibie (Yayasan A.A & R.A. Habibie). Mewakili Kementerian Agama, penandatanganan dilakukan oleh Sekjen Nur Syam.

Penandatanganan ini disaksikan oleh Notaris Gunawan dari Gorontalo, putra Ibu Alwini Sutjipto Akbar, Direktur Kurikukum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) M Nur Kholis Setiawan, serta Kasubdit Kesiswaan Abdullah Faqih dan Kepala MAN IC Gorontalo Muhammad Na’im.

Penandatanganan akta hibah ini dilakukan di RS Selaras Cisauk Tangerang milik Hj Alwini. “Hari ini, saya mau meneken hibah yang sudah diperjuangkan oleh Pak Direktur (KSKK) M Nur Kholis yang setengah mati membujuk saya. Saya ikhlas, hari ini serahkan sertifikatnya dan setelah itu tidak ada apa-apa lagi,” ujar Hj Alwini di atas kursi rodanya, Selasa (07/03).

Di usianya yang sudah menginjak 84 tahun, Ibu Hj Alwini terbilang masih terlihat sehat. Suaranya juga masih terdengar jelas dan keras.

“Ini bersih semua saya kasih. Semua pajak sudah dibayar semua. Saya serahkan lillaahi ta’ala, mudah-mudahan jadi amal buat orang tua saya,” harap kakak kandung mantan Presiden BJ Habibie ini.

Atas nama Kementerian Agama, Sekjen Nur Syam menyampaikan terima kasih kepada kekuarga besar Habibie atas hibah tanah yang telah diberikan. “Keikhlasan yang ibu berikan, tentu menjadi amanah bagi Kemenag untuk mengelola tanah ini sebaik-baiknya bagi kemajuan Indonesia,” ucapnya.

“Kami yang dititipi, mudah-mudahan amanah dalam mengembangkan pendidikan,” imbuhnya.

MAN IC Gorontalo didirikan oleh mantan Presiden Habibie 20 tahun yang lalu, bersama dengan MAN IC Serpong. Hingga kini, banyak prestasi yang sudah diraih oleh madrasah yang saat ini menjadi binaan Kementerian Agama. Lulusannya juga banyak diterima di perguruan tinggi ternama, dalam dan luar negeri

MAN IC juga saat ini menjadi contoh bagi pendidikan Indonesia. MAN IC terus berkembang hingga saat ini sudah ada 23 madrasah yang tersebar di beberapa provinsi. “Semua diilhami oleh program pendidikan yang dikembangkan dan diinspirasi Pak Habibie,” kata Nur Syam yang sebelumnya juga menjabat sebagai Dirjen Pendidikan Islam.

Sebelumnya, Direktur KSKK M Nur Kholis mengatakan bahwa proses yang dilewati sampai penandatanganan hibah ini berlangsung hingga 2 tahun. Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini mengaku telah melakukan serangkaian pembahasan bersama keluarga besar Habibie.

“Alhamdulillah, serah terima hibah tanah MAN IC Gorontalo akhirnya bisa dilakukan hari ini,” ujarnya.

Ke depan, M Nur Kholis berharap MAN IC Gorontalo bisa terus maju dan menjadi lembaga pendidikan yang kompetitif di tengah masyarakat, tidak hanya di Gorontalo tapi juga di tingkat nasional dan internasional. (mkd/mkd)

918 Total Views 9 Today Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *